Sabtu, 24 November 2018

3 Film Aamir Khan Ini Penuh Inspiratif

Filmania - Bagi para pecinta sinema Bollywood, tentunya nama aktor Aamir Khan bukan lah merupakan nama yang asing lagi. Aktor senior Bollywood yang satu ini memang kerap menorehkan prestasinya melalui film, baik yang dirinya sebagai produser atau aktor di film tersebut.

Aktor yang memiliki nama asli sebagai Mohammed Aamir Hussain Khan ini pun tak hanya menjadi seorang aktor, dirinya diketahui merupakan seorang produser, sutradara dan juga pembawa acara televisi. (baca juga : 5 Film Poker Terbaik Sepanjang Masa )
 
Berbicara mengenai akting, tidak perlu diragukan lagi bagaimana aktor yang berusia 52 tahun ini berhasil memukau para penonton. Suami dari artis Kiran Rao ini ternyata menjadi satu-satunya aktor yang terkenal di Taiwan melalui film-filmnya yang sangat menginspirasi banyak orang.
Benar, Aamir Khan pada dasarnya lebih sering membintangi film yang kerap mempertahankan budaya etnik India ketimbang ala Hollywood. Bahkan filmnya tersebut diketahui banyak menyentil isu sosial yang terjadi di India.

Penasaran film - film apa saja kah? Berikut ini 3 film paling inspiratif yang berhasil kami rangkum dari berbagai narasumber.   

3 FILM INSPIRATIF AAMIR KHAN


  • Lagaan

Dirilis pada tahun 2002 lalu, film ini berhasil menuai kritikan bagus dari para pengamat film di luar negeri. Bahkan, film ini juga pernah bersaing di Piala Oscar. Walaupun, Film Lagaan pada akhirnya gagal untuk memboyong pulang Piala Oscar, akan tetapi film tersebut tetap memenangkan hati para penonton.

Sinopsis Film ini menceritakan akan sekelompok anak muda India pada era tahun 1863 yang tengah memperjuangkan hak tanah mereka atas penjajahan Inggris. kala itu, Kerajaan Inggris diketahui mematok pajak tanah dengan nilai yang sangat mahal. Akibatnya, kondisi di tanah tersebut juga mengalami kekeringan, tentunya warga sulit untuk menghasilkan uang.

Salah satu perwira Inggris pun mengajak anak-anak muda India, dimana salah satunya adalah Aamir Khan untuk bertanding permainan kriket. Apabila pihak Inggris tersebut kalah, maka pajak seluruh wilayah tersebut akan dihapuskan. Dan, demi memperjuangkan haknya, anak-anak ini pun berani menerima tantangan dari penjajah dengan bertanding kriket.
  • 3 Idiots

Film yang satu ini benar-benar mendunia dan tentu saja menandakan kalau karier sang aktor Aamir Khan di kancah Bollywood menjadi semakin melejit. Meskipun pada saat bermain di Film 3 Idiots usianya tengah menginjak 44 tahun, namun dirinya masih terlihat sangat cocok untuk menjadi anak kuliahan lho.

Film 3 Idiots ini pada dasarnya mengkritik tentang budaya pendidikan yang sangat kacau di India. menceritakan tentang 3 orang mahasiswa teknik di sebuah universitas ternama di India. Ketiga mahasiswa ini ternyata memiliki cerita nya sendiri mengapa memilih untuk menempuh pendidikan di universitas tersebut. 

Ada yang dikarenakan oleh paksaan orangtua, ada juga yang karena himpitan ekonomi keluarga serta karena ingin memperbaiki kehidupan keluarganya dan ada yang karena memang sangat suka untuk belajar.  Kisah mengenai 3 mahasiswa tersebut ternyata telah berhasil membuat hati para penonton ikut terbawa emosi mengenai pendidikan yang telah mengubah sudut pandang kita.
  • PK

Film yang selanjutnya sukses dan masuk dalam kategori Best Actor ialah PK. PK merupakan film yang mengandung nilai filosofis yang sangat tinggi, akan tetapi menuai sangat banyak protes dari kelompok-kelompok agama yang disinggung pada jalan cerita di film tersebut. Mengenai kontroversi tersebut, ternyata tidak dapat menahan laju kesuksesan dari film ini. Bahkan, PK berhasil untuk dinobatkan sebagai film India yang terlaris sepanjang masa di dunia, mengalahkan Kuch Kuch Hota Hai.

PK memiliki kisah yang cukup unik, tentang alien yang tersesat di Bumi dan tanpa dengan sengaja menghilangkan media komunikasinya terhadap bangsa di planet asalnya. Dampak dari kehilangan alat tersebut, alien yang diperankan oleh sang aktor Aamir Khan ini pun tentunya tidak dapat kembali ke planet asalnya, serta mau tak mau tersesat di Bumi.

Alien itu pun kemudian mencari seraya bertanya mengenai alat komunikasinya kepada setiap orang yang ditemui nya, semua orang pun menjawab agar bertanyak kepada Tuhan. Dirinya pun mencari sosok akan Tuhan yang disebut oleh orang-orang itu dengan cara yang sangat lucu, unik dan kocak. Dirinya bahkan mengikuti prosesi ibadah dari berbagai agama apapun demi upaya agar dapat  menemukan alat komunikasinya kembali.

1 komentar: